Pages

Macam-macam Plastik dan Keunggulannya

Friday, January 16, 2015




Menurut Eden dalam Davidson (1970), klasifikasi plastik menurut struktur
kimianya terbagi atas dua macam yaitu:
1.        Linear
Bila monomer membentuk rantai polimer yang lurus (linear) maka akan terbentuk plastik thermoplastik yang mempunyai sifat meleleh pada suhu tertentu, melekat mengikuti perubahan suhu dan sifatnya dapat balik (reversible) kepada sifatnya yakni kembali mengeras bila didinginkan.


2.        Jaringan tiga dimensi
Bila monomer berbentuk tiga dimensi akibat polimerisasi berantai, akan terbentuk plastik thermosetting dengan sifat tidak dapat mengikuti perubahan suhu (irreversible). Bila sekali pengerasan telah terjadi maka bahan tidak dapat dilunakkan kembali.
1.   Tipe plastik
Secara umum plastik digolongkan menjadi dua macam, yaitu:
a.       Termoset
Merupakan jenis plastik yang tidak bisa didaur-ulang atau dicetak lagi. Pemanasan ulang akan menyebabkan kerusakan molekul-molekul penyusunnya. Termoset tidak dapat mengikuti perubahan suhu (irreversibel) bila sekali pengerasan telah terjadi maka bahan tidak dapat dilunakkan kembali. Pemanasan yang tinggi tidak akan melunakkan termoset melainkan akan membentuk arang dan terurai. Plastik jenis termoset tidak begitu menarik dalam proses daur ulang karena selain sulit penanganannya juga volumenya jauh lebih sedikit.
b.      Termoplastik
Merupakan jenis plastik yang bisa didaur ulang atau dicetak lagi dengan proses pemanasan ulang berdasarkan sifat-sifatnya terhadap perubahan suhu termoplastik meleleh pada suhu tertentu, melekat mengikuti perubahan suhu dan mempunyai sifat dapat balik (reversibel) kepada sifat aslinya, yaitu kembali mengeras bila didinginkan.

2.   Keunggulan dan kelemahan plastik
Kantong plastik memiliki beberapa keunggulan yaitu:
a.       Kuat
b.      Ringan
c.       Fleksibel
d.      Tahan karat
e.       Tidak mudah pecah
f.       Mudah diberi warna sehingga menambah daya tarik
g.      Mudah dibentuk untuk berbagai fungsi
h.      Isolator panas/listrik yang baik bersifat termoplastis (heat seal)
i.        Katong plastik memiliki beberapa kelemahan plastik, yaitu:
j.        Beberapa jenis plastik tidak tahan panas
k.      Beberapa jenis plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai secara alami (bersifat non-biodegradable)
l.        Jika tidak digunakan sesuai fungsinya bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik dapat membahayakan kesehatan
Adanya zat-zat monomer dan molekul kecil lain yang terkandung dalam plastik yang dapat melakukan migrasi ke dalam bahan makanan yang dikemas.

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

Most Reading